Aman dan Nyaman di Kendaraan dengan Perangkat GPS Tracking

logo anne ahiraAsian Brain Support$(“#boxes”).load(“#dialog”); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Apakah Anda pernah tersesat mencari alamat yang belum pernah Anda kunjungi? Meskipun kita telah mencatat alamat tersebut, tetap saja gagal menemukannya. Jikapun berhasil menemukannya, membutuhkan waktu yang tidak singkat, bahkan sudah mutar berkali-kali. Nah, saat ini yang namanya tersesat sudah tidak zamannya, karena sudah ada GPS tracking. Apa itu GPS tracking? GPS tracking semacam sistem untuk melacak keberadaan sesuatu yang ingin kita cari di tempat tertentu.

GPS tracking bisa kita gunakan untuk menemukan lokasi tertentu dan keberadaan seseorang yang tidak kita ketahui. Perkembangan teknologi memang membantu berbagai kebutuhan kita, termasuk mencari lokasi yang belum pernah kita singgahi. Tak hanya keberadaan seseorang atau menemukan lokasi, tetapi dengan GPS tracking, kita bisa melacak lokasi kendaraan yang dimonitori secara real time dan otomatis.

GPS tracking singkatan dari Global Positioning System, merupakan sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem GPS tracking ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Lalu sinyal tersebut diterima oleh alat penerima di permukaan Bumi, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu.

Sistem GPS tracking ini dikembangan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama lengkapnya NAVSTAR GPS. GPS tracking menggunakan teknologi Automated Vehicle Locater (AVL), yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil. Dalam pengoperasiannya, GPS tracing memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah objek, dan menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.

Jadi dengan memanfaatkan satelit yang disebarkan untuk mengoperasikan GPS tracking, Anda bisa melacak keberadaan sesuatu di mana pun Anda berada. Teknologi yang sangat membantu ini bisa dikatakan sebagai penunjuk jalan buat kita. Lalu, bagaimana cara kerja GPS tracking ini? Berikut cara kerja dari GPS tracking, yang terbagi ke dalam empat komponen utama:

Satelit yang digunakan untuk mengaktifkan sistem pelacakan dalam GPS tracking ada 24 satelit. Semua satelit tersebut mengorbit pada ketinggian sekitar 20.000 km di atas permukaan bumi, dan berada dalam Low Earth Orbit (LEO) dan terus memancarkan sinyal. Semua satelit GPS tracking dikendalikan oleh stasiun bumi yang berpusat di Colorado Spring, Amerika Serikat. Setiap tempat di permukaan Bumi terpantau oleh minimal empat satelit GPS tracking.Dari satelit diteruskan oleh perangkat komunikasi data. Perangkat komunikasi data ini, digunakan untuk mentransfer data dari satelit GPS tracking ke control unit station. Komunikasi data dapat dilakukan  melalui jaringan internet, jaringan GSM dan gelombang radio.Setelah ditransfer melalui perangkat komunikasi data, akan diterima oleh control unit. Perangkat control unit ini berupa komputer  atau GPS tracking display lain yang menerima data  satelit dari perangkat komunikasi data dan menyajikannya dalam bentuk visual seperti gambar peta ataupun teks. Kemudian receiver akan menerima sinyal dari satelit GPS tracking yang telah ditransfer di perangkat komunikasi data ke control unit station dengan sebuah antena penerima. Receiver GPS tracking relatif kecil dan mudah dibawa ke mana-mana, bahkan dapat terintegrasi dengan PDA atau ponsel.

GPS tracking juga bisa digunakan untuk melacak kendaraan atau menuntun kendaraan Anda menemukan jalan yang akan Anda tuju. Nah, cara kerja di atas merupakan cara kerja GPS tracking secara dasarnya, lalu bagaimana cara kerja GPS tracking yang diletakkan dalam kendaraan Anda? Berikut cara kerja GPS tracking di kendaraan Anda:

Satelit mengirimkan sinyal ke peralatan GPS tracking yang pasang di kendaraan Anda. Sinyal dari satelit tersebut dipergunakan untuk menentukan posisi, arah, kecepatan dan rute kendaraan.GPS tracking mengirimkan data posisi, arah, kecepatan dan rute kendaraan Anda ke Wireless Network GSM dan GPRS.Wireless Network terhubung ke Data Server yang bisa diakses oleh user atau pelanggan melalui internet dengan PC ataupun Smart Phone. Sehingga, secara real time user bisa memantau posisi, arah, kecepatan dan rute kendaraan Anda.

Melihat cara kerja GPS tracking yang bisa menuntun perjalanan kita, rasanya sayang jika kita tidak memanfaatkan perangkat GPS tracking ini. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan tersesat dijalan, bahkan Anda bisa memanfaatkan GPS tracking untuk menemukan jalan alternatif tercepat dan bebas macet ke tempat yang Anda tuju. Tetapi apakah manfaat dari perangkat GPS tracking ini hanya sebatas itu? Berikut beberapa manfaat dari perangkat GPS tracking:

Pengguna perangkat GPS tracking dapat memantau keberadaan armada, kendaraan dan personil secara lebih terkontrol, di mana mereka mengetahui lokasi aset dan pekerja mereka secara real time.Keluarga Anda dapat diyakinkan bahwa Anda dalam keadaan yang aman ketika sedang bepergian jauh dari rumah.Anda bisa melakukan pelacakan secara real time bila terjadi penyalahgunaan aset atau pencurian kendaraan Anda.Anda dapat memantau posisi, kecepatan, dan arah kendaraan kapan saja secara real time, baik melalui SMS maupun melalui interface peta yang disediakan oleh perangkat GPS tracking.Anda dapat mengetahui ke mana saja kendaraan Anda sudah dijalankan melalui rekaman perjalanan yang tercatat secara otomatis oleh sistem GPS tracking.Anda dapat mengontrol kendaraan dari jarak jauh melalui SMS meskipun Anda mematikan mesin kendaraan.Mempertinggi produktivitas pemakain kendaraan.Memperkecil biaya operasional pemakaian kendaraan.Mempermudah komunikasi antara pemilik kendaraan dengan pengemudi.

Memiliki GPS tracking banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Lalu apa saja fitur yang digunakan oleh GPS tracking ini, yang bisa kita gunakan sebagai alat pelacak? Berikut beberapa fitur unggulan dari GPS tracking:

Real Time Monitoring. Dengan fitur ini Anda dapat memonitor kendaraan secara real time, baik secara otomatis melalui server maupun berdasarkan permintaan melalui SMS.History Replay. Anda bisa melihat dan menganalisis posisi dan rute yang dilalui kendaraan di masa yang lalu. Dengan menggunakan aplikasi yang disediakan perangkat GPS tracking, Anda juga dapat membalas rute yang dilalui kendaraan Anda, sehingga dapat menganalisisnya lebih lanjut.Over The Air (OTA) Configuration. Anda bisa mengganti setting GPS tracking device dengan mudah, melalui aplikasi client dan web, seperti setting perioda pengiriman data, batas kecepatan, nomor telepon emergensi dan informasi geofence. Server akan mengirim perintah perubahan setting ke tracking device melalui SMS atau GPRS.Geofencing. Fitur ini dapat menganalisis posisi kendaraan secara otomatis dan memberi laporan kapan dan di mana kendaraan keluar atau masuk ke area-area geofence yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pemakai. Area geofence tersebut merupakan area segi empat virtual yang membatasi lokasi tertentu, seperti lokasi kantor, gudang, lokasi pelanggan, dan sebagainya.Alert. GPS tracking dapat mengirimkan Alert melalui SMS kepada pemakai apabila kendaraan keluar atau masuk area geofence ataupun melebihi batas maksimum kecepatan.Auto Response System. Anda bisa meminta informasi mengenai lokasi kendaraanya kapanpun dengan cara mengirim SMS ke sistem yang kemudian akan segera dibalas dengan SMS yang berisi informasi menganai lokasi kendaraan yang diminta.Fleet Management. Fitur ini berfungsi untuk melakukan monitoring lokasi kendaraan dan berfungsi sebagai fleet management yang dapat dikostumisasi, yaitu fasilitas pengelolaan data fleet, pengendara dan time tablenya.Mapping. GPS tracking memanfaatkan teknologi Google Earty, Google Map, Microsoft Bing Map, atau Yahoo Map. Anda dapat mengelola peta yang ditampilkan dengan mudah. Coverage area saat ini adalah seluruh dunia dengan skala yang beragam. Security Anda Privacy. GPS tracking menerapkan keamanan dan privasi yang ketat. Anda harus menggunakan User ID dan Password yang benar untuk dapat masuk ke dalam sistem. Selain itu, Anda dapat dikelompokkan ke dalam beberapa level, seperti guest, operator, supervisor, administrator dan owner.

Menarik bukan? Apakah Anda juga tertarik untuk melengkapi kendaraan Anda dengan GPS tracking?

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s