Kenali AC (Air Conditioner) Pilihan Anda

logo anne ahiraAsian Brain Support$(“#boxes”).load(“#dialog”); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Memilih Jenis AC dengan Tepat

Jika udara di rumah atau di ruangan kerja Anda semakin panas, tak perlu menjadi masalah. AC (Air Conditioner) terbukti menjadi salah satu solusinya.

Fungsi dari AC semakin hari semakin bertambah canggih. Jika dulu fungsi AC hanya sebatas mendinginkan ruangan maka seiring perkembangan tekhnologi, fungsi dari AC semakin beragam.

Saat ini banyak beredar di pasaran AC yang memiliki fungsi sebagai pembersih udara, pembasmi jamur, penghilang bau-bauan tidak sedap (termasuk bau rokok) atau sebagai pembasmi mikropartikel dan molekul-molekul pembangkit alergi (allergen), layaknya debu.  

Kerja Air Conditioner

Cara kerja dari AC jenis ini, umumnya dilengkapi dengan Air Purifying Filter. Air Purifying Filter mampu melumpuhkan penyebab alergi (Allergen). Selain itu, pemasangan hydroxyl spenolic dengan mengandalkan teknologi khusus dapat menjadikan udara lebih terasa murni juga dapat menonaktifkan allergen dengan cara menyelubunginya.  

Sedangkan, penghasil ion-ion negatif dihasilkan oleh superionizer yang menjadikan udara dalam ruangan lebih terasa segar seperti berada di alam pegunungan. Fungsi dari ion-ion negatif ini adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan dipercaya dapat meningkatkan fungsi pernafasan lebih maksimal sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Pada beberapa produk AC (Air Conditioner) yang beredar di Indonesia dilengkapi dengan filter elektrik yang terbuat dari titanium dioksit yang berfungsi sebagai penghilang bau-bauan dan pembasmi bakteri dan virus dalam ruangan.

Jika Anda menemukan salah satu merk AC yang memiliki fungsi auto self cleaning, maka AC jenis itu dapat membersihkan bagian dalam AC tersebut sehingga dapat membersihkan kompresor secara otomatis.

Memilih AC juga harus sesuai dengan kebutuhan, hal ini berkaitan erat dengan PK. PK singkatan dari Paard Kratch sebagai sumber daya dalam menghasilkan British Thermal Unit (BTU). Penentuan tingkat kesejukan udara yang dihasilkan oleh AC ditentukan oleh BTU.

Sehingga PK yang besar akan menghasilkan BTU yang juga besar. Hal ini yang membuat besarnya PK sangat menentukan tingkat kedinginan AC pilihan Anda. Yang perlu diperhatikan juga bahwa besarnya nilai PK sebanding dengan besarnya ruangan. Artinya, semakin besar ruangan Anda maka dibutuhkan AC yang memiliki PK lebih besar.

Beberapa jenis AC juga menawarkan kelebihannya sebagai AC otomatis. Cara kerja AC otomatis ini dibantu dengan sistem sensor yang terdapat di dalamnya.

Sensor penghitung jumlah orang dalam ruangan akan berpengaruh terhadap on/off, submode fan, dan temperature yang disesuaikan dengan jumlah individu dalam suatu ruangan tersebut. AC akan mati jika tidak ada individu yang terdeteksi dalam ruangan tersebut. AC otomatis ini diharapkan dapat mengurangi pembengkakan biaya listrik akibat penggunaan AC.

Agar AC Berfungsi Maksimal

Selain itu, simak beberapa tips agar AC pilihan Anda bekerja maksimal :  

Pemilihan PK atau kapasitas AC harus disesuaikan dengan besarnya ruanganUsahakan agar AC tidak diletakkan di dekat pintu agar udaranya tidak mudah berpindah ke ruangan lain, sehingga dingin yang dihasilkan lebih maksimalUsahakan agar AC tidak diletakkan sangat dekat dengan plafon. Ini berkaitan dengan pengambilan udara dari atas. Jarak yang sempit antara AC dengan plafon menyebabkan udara yang masuk dalam AC menjadi tidak maksimal  Filter AC  sebaiknya dicuci setiap satu bulan sekali.Evaporator AC sebaiknya dicuci 3 bulan sekali.Pilihlah jenis AC yang menawarkan fungsi-fungsi yang Anda butuhkan. Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s