Panduan Membeli Laptop: Jangan Asal Beli

Saat ini, jenis dan tipe laptop semakin banyak dipasarkan di Indonesia. Produsen menjadikan negara ini sebagai ladang uang, mengingat budaya konsumtif yang semakin tinggi. Begitu mode laptop baru muncul, maka kita pun dengan cepat akan tergiur dengan produk-produk tersebut. Hal ini ditambah lagi dengan identitas sebuah merek dari laptop tersebut.

Lihat saja, sekarang ini berita tentang laptop semakin banyak. Semua konsumen yang berkeinginan untuk menggunakan laptop atau mengganti laptop pun dibuat binggung. Lalu, langkah apa saja yang harus kita ambil saat hendak membeli sebuah laptop? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai panduan membeli laptop.

1. Mencari Referensi

Carilah referensi sebanyak mungkin tentang laptop yang akan kita beli. Banyak media yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi tersebut. Mengikuti maling list, saling bertanya jawab, melakukan pencarian informasi dengan memasuki situs-stus produsen laptop, mencari sumber informasi di koran-koran atau bahkan langsung bertanya kepada distributor-distributor atau toko-toko yang menjual laptop.

2. Laptop Sesuai Kebutuhan

Carilah laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita. Kebutuhan yang dimaksudkan adalah jika kita seseorang yang gemar dan punya profesi yang erat kaitannya dengan multimedia, pilihlah laptop yang menawarkan spesifikasi untuk multimedia. Sedangkan jika hanya untuk kegiatan sehari-hari, seperti menulis atau melakukan bisnis online dari rumah, pilh pula laptop yang dasar spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan kita. 

3. Sediakan Budget

Siapkan uang yang kan kita gunakan untuk membeli laptop. Saat ini, laptop yang ditawarkan rata-rata berspesifikasi andal. Procesor dual core, kapasitas hardisk dan memori sangat besar, baik itu yang menggunakan sistem operasi Windows atau sistem operasi Ios dari Apple. Untuk hal-hal tersebut, biasanya kita akan menggeluarkan uang mulai dari Rp4.000.0000 sampai yang paling mahal di kisaran Rp15.000.000. 

4. Perhatikan Kepraktisannya

Laptop sangat identik dengan kemudahan karena biasa dibawa ke mana saja. Oleh karena itu, pertimbangkan ukuran dan desainnya. Tapi, tentu saja hal ini berpengaruh terhadap variasi harga. Semakin tipis dan ringan serta efisien dan fleksibel sebuah laptop, maka harganya pun agak sedikit mahal. Contohnya, Macbook dari Apple.

Jika kita adalah bagian dari individu yang sering berpergian dan membawa laptop dalam setiap aktivitas, tidak ada salahnya mencoba laptop dengan desain menarik, efisien, dan fleksibel. 

5. Ketersediaan Service Center

Usahakan membeli produk laptop yang memiliki gerai atau service centre yang dekat dengan tempat kita tinggal. Hal ini memudahkan kita jika laptop kita berada dalam kondisi yang tidak baik.

6. Keaslian Produk dan Garansi

Sebelum membeli laptop, pastikan keaslian laptop tersebut. Produk asli selalu dilabeli stiker dari masing-masing operating sistem seperti, Windows dan Ios dari Apple. Dan, perhatikan juga garansi yang disediakan dari si produsen, terutama untuk perangkat hardware seperti baterai. 

Tentunya masih banyak hal-hal lain yang bisa dijadikan sebagai panduan dalam membeli laptop. Yang paling dasar adalah sesuaikan dengan kemampuan finansial dan kebutuhan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s