Belanja Lewat Internet, Produk Elektronik

Belanja lewat internet merupakan cara baru dalam dunia bisnis. Dengan cara ini, pembeli dan penjual dapat melakukan transaksi dagang tanpa harus bertatap muka.

Shopping lewat internet  saat ini menjadi gaya hidup baru di seluruh dunia.  Penggunaan internet yang semakin meluas  dari tahun ke tahun menjadikan aktivitas  jual-beli lewat internet semakin meningkat pula.


Toko Online Lebih Fleksibel

Secara umum, pilihan produsen dan pemilik barang untuk mengalihkan cara berdagang lewat internet atau toko online sangatlah masuk akal karena :

Biaya sewa dan operasional awal pembukaan  toko online jauh lebih murah ketimbang harus membuka toko biasa.
Mudah dipantau dari mana saja, tidak harus ditunggui sehingga menghemat waktu, juga menghemat biaya untuk membayar karyawan penjaga toko.
Pasar yang terbentang luas. Tidak hanya pasar lokal, bahkan pasar dunia pun bisa tersentuh.


Dari sisi pembeli, belanja lewat internet saat ini menjadi salah satu alternatif membeli barang yang semakin diminati karena :

Memudahkan dalam melakukan perbandingan harga antara barang yang satu dengan barang yang lain atau harga barang antara toko yang satu dengan toko yang lain.
Fleksibilitas dalam hal pilihan waktu belanja.
Harga barang standar, bahkan bisa lebih murah.
Lebih nyaman dan aman bagi keselamatan diri karena tidak perlu ke luar tempat tinggal atau tempat kerja.


Salah satu barang yang kini marak diperjualbelikan secara online adalah barang elektronik. Anda tak perlu repot-repot lagi pergi ke toko elektronik untuk membeli barang yang Anda butuhkan. Begitu banyak toko elektronik online yang berlomba menawarkan produk elektronik dengan berbagai ragam pilihan.

Namun, sebagaimana aturan berbelanja pada umumnya, sebaiknya Anda teliti sebelum membeli. Apalagi barang elektronik termasuk benda sensitif yang mudah rusak.


Tips Belanja Online

Berikut tips yang bisa Anda ikuti saat belanja lewat internet untuk produk elektronik:

1. Toko

Usahakan memilih toko elektronik online yang juga memiliki toko offline (real).

2. Operator

Pastikan toko online tersebut memiliki operator yang tanggap sehingga Anda dapat meminta bantuan kepadanya jika membutuhkan penjelasan terkait barang yang Anda cari.

3. Spesifikasi Barang

Sebelum menjatuhkan pilihan, cermati spesifikasi barang pilihan Anda. Bila perlu, buka website resmi merk barang yang hendak Anda beli. Banding-bandingkan spesifikasi yang tercantum dalam website resmi dengan penjelasan dari operator toko online.

4. Pembayaran

Jangan melunasi pembayaran lewat transfer. Jika toko online tersebut meminta uang muka, sebaiknya bayar maksimal 25% saja dari harga barang. Kalau ingin lebih aman lagi, gunakan sistem COD (cash on delivery), yakni semua pembayaran dilunasi pada saat barang diterima.

5. Kondisi Barang

Saat barang diantar, pastikan barang tersebut telah sesuai dengan pilihan Anda. Perhatikan merk dan tipenya, apakah sudah sesuai? Apakah kondisinya benar-benar baik? Beritahu pegawai toko jika ada cacat pada barangnya. Bila perlu, minta tukar dengan barang lain berspesifikasi sama yang tidak ada cacatnya.

6. Garansi dan Bukti Pembelian

Pastikan garansinya masih berlaku dan benar-benar bisa dipakai. Simpan baik-baik di tempat yang sama dengan bukti pembelian, agar sewaktu-waktu ada keluhan Anda bisa meminta bantuan dari toko online tersebut. Ingat, kartu garansi tidak berlaku jika tidak disertai bukti pembelian.

Demikian sekelumit tips berbelanja online produk elektronik. Selamat berbelanja, dan ingat selalu untuk teliti sebelum membeli!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s