Tips Membeli Laptop: Baca Sebelum Telanjur

Saat ini, laptop bukan lagi barang yang mewah seperti beberapa tahun ke belakang. Tidak hanya kalangan menengah atas yang mampu memiliki sebuah perangkat laptop, kalangan yang berada di bawahnya pun bisa saja memilikinya. Harga laptop yang semakin “murah” menjadi alasan berbagai kalangan memburu barang canggih yang satu ini.

Meski harganya “murah”, membeli laptop tidaklah sama dengan membeli permen yang bisa Anda dapatkan dengan mengeluarkan uang dalam jumlah ratusan sampai ribuan. Murahnya laptop tetap berada di kisaran jutaan. Oleh karena itu, untuk menghindari kerugian yang mungkin didapat setelah membeli laptop, sebaiknya Anda mencari berbagai referensi atau tips membeli laptop.

Pembeli yang bijaksana selalu memperhatikan berbagai informasi penting seputar produk yang akan dibelinya, termasuk laptop. Apalagi, membeli laptop termasuk kegiatan yang menuntut Anda untuk merogoh kocek cukup dalam. Nah, berikut ini adalah beberapa informasi penting atau tips membeli laptop yang akan menghindarkan Anda dari berbagai kerugian.

1. Sesuaikan dengan Keperluan

Untuk membeli laptop, sebaiknya Anda menyesuaikan laptop yang akan dibeli dengan kebutuhan. Jika Anda berniat membeli laptop untuk mendukung aktivitas atau hobi menulis, rasanya laptop yang tidak terlalu mahal pun sudah cukup membantu. Pilih laptop standar dengan spesifikasi “daleman” atau hardware yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, Anda bisa memangkas anggaran yang telah disiapkan.

Namun, jika aktivitas Anda berkecimpung di dunia games atau multimedia lainnya, Anda harus membeli laptop dengan spesifikasi tinggi agar mampu mendukung segala aktivitas keseharian Anda. Untuk laptop dengan spesifikasi tinggi, harganya pun jauh lebih mahal dari laptop standar.

2. Perhatikan Sisi Kepraktisannya

Laptop dengan desain yang mungil tentu saja diciptakan untuk membantu segala bentuk aktivitas yang Anda jalani. Ada dua ukuran layar laptop yang bisa Anda pilih dan paling sesuai dengan aktivitas. Layar kecil atau layar besar. Layar kecil mulai dari ukuran 7 inci sampai 10 inci, sedangkan layar besar mulai dari ukuran 12 inci sampai dengan 17 inci.

Jika merasa aktivitas Anda akan terbantu dengan ukuran layar kecil, jadikan laptop berlayar kecil sebagai pilihan. Demikian pula, sebaliknya. Kehadiran laptop dengan desain dan ukuran yang mini, Anda tidak lagi harus terpaku di rumah di depan PC saat mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas Anda.

3. Perhatikan Layanan Umum Laptop

Yang dimaksud dengan layanan umum di sini adalah ketersediaan garansi dan gerai atau service center dari produk yang kita beli. Percuma merek bagus jika tidak memiliki garansi dan gerai perbaikan. Anda akan sangat dirugikan jika setelah membeli ternyata ada kerusakan atau hal lain yang menghambat kinerja laptop.

Biaya perbaikan atas produk yang baru saja Anda beli, jika tidak disertai garansi, akan menjadi tanggungan Anda. Terlebih, jika diperbaiki di gerai umum. Biasanya, harganya akan berbeda dengan yang diterapkan di service center resmi. Lebih mahal. Selain itu, pastikan pula laptop yang Anda beli sudah di-bundle dengan sejumlah software yang original. Biasanya, penjual laptop akan memberikan bonus dengan memasang langsung sebuah sistem operasi di laptop Anda.

Itulah beberapa tips membeli laptop yang mungkin bisa membantu Anda. Selamat belanja dan jadilah pembeli yang bijak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s