AC Panasonic Merebut Pasar, Jaminan Beragam Pilihan

AC Panasonic tetap memegang kendali pasar di tengah serbuan AC dari merek pendatang baru yang menawarkan harga miring. AC Panasonic keluaran PT. Panasonic Gobel Indonesia memang bukan pemain baru. Keluarga Gobel sudah malang melintang di dunia produksi barang-barang elektronik sejak 1952.

Terinspirasi semangat nasionalisme yang tinggi, H. Thayeb Mohamad Gobel mendirikan pabrik radio transistor pertama di Indonesia. Pabrik ini berlokasi di daerah Cawang, Jakarta, yang kemudian dikenal sebagai pabrik radio ”Tjawang”.

Pada 1960 ditanda tangani perjanjian antara PT. Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co. Ltd. milik pengusaha Jepang, Mr. Konosuke Matsushita. Perjanjian ini sebagai buah manis pertemuan kedunya manakala Mohamad Gobel menerima beasiswa dari Colombo Plan tiga tahun sebelumnya.

Revolusi produksi elektronik milik Moh. Gobel terjadi tahun 1962 manakala mendapat lisensi dan kerjasama teknik untuk memproduksi televisi berwarna pertama di Indonesia. Sehingga masyarakat Indonesia bisa menonton pesta Asian Games di Jakarta dengan penuh warna. Produk pertama dari perusahaan Mohamad Gobel ini diberikan langsung kepada ibu Negara, Fatmawati Soekarno.

Delapan tahun kemudian, didirikan pabrik perangkat elektronik rumah tangga, PT. National Gobel. Salah satu merek dagang yang dikenal di pasaran luas adalah National.

AC Panasonic keluaran PT. Panasonic Gobel Indonesia, memberikan harga terbaik dengan kualitas bersaing. AC Panasonic tersedia dalam model AC split dan window. Selain AC, Panasonic pun punya produk unggulan untuk alat rumah tangga seperti lemari es dan lain-lain.

Seiring waktu dan berkembangnya teknologi, bermunculan berbagai varian AC, di antaranya yang mulai merambah pasar adalah AC Low Wattage dan AC Inverter. Apa sebenarnya perbedaan kedua varian AC tersebut?

AC Low Wattage dilihat dari namanya sudah jelas bahwa jenis AC yang satu ini bisa menekan dalam kebutuhan input tenaga listrik lebih rendah sekitar 20% dibanding AC biasa. Pada dasarnya, kebutuhan listrik untuk AC sebagian besar dikonsumsi untuk kompresor AC. Nah, AC Low Wattage ini menggunakan kompresor yang lebih kecil sehingga kebutuhan energi pun lebih rendah.

Agar memiliki kemampuan memindahkan panas yang sama, maka produk ini disiasati dengan cara memperkuat kerja kipas angin di outdoor unit. Dengan demikian AC Low Wattage ini unit outdoor-nya lebih berisik. Begitu pula proses pendingan pada saat pertama dinyalakan lebih lambat dibanding dengan AC biasa.

Mengurangi beban daya listrik sampai 20% dalam produk AC Low Wattage bisa tercapai manakala memperhatikan unsur-unsur teknis pendukungnya, seperti selisih ketinggian antara unit outdoor dan indoor kurang dari 3 meter, instalasi pipa AC harus di bawah 10 meter.

Dari sisi konsumsi daya listrik, AC Low Wattage memang lebih rendah. Sebagai perbandingan, AC biasa ukuran 1 pk membutuhkan daya 800-880 watt, tapi AC Low Wattage ukuran yang sama merek Sharp type AH/AP 9 KHL hanya mengkonsumsi 690 watt, sementara dari merek LG type Hercules S09LPBX malah mengklaim hanya membutuhkan 670 watt.

Ada beberapa hal yang menjadi kata kunci dari AC Inverter ini. Pertama adalah penggunaan arus listrik. Kalau AC biasa menggunakan arus bolak-balik atau dikenal dengan istilah ac, sehingga putaran motor tetap konstan, sementara pada AC Inverter penggunaan arusnya adalah arus dc atau arus searah, sehingga kecepatan putaran dapat diatur oleh seberapa besar arus lisrik yang diberikan.

Kedua adalah masalah pengaturan besar arus listrik yang diberikan kepada kompresor. Teknologi inverter mengatur perbedaan suhu sebenarnya dengan suhu yang diinginkan. Jika perbedaan suhu ini besar, misalnya suhu sebenarnya di dalam ruangan adalah 30 derajat celcius, sementara kita menginginkan 17 derajat. Selisih 13 derajat ini yang akan membuat kompresor bekerja lebih tinggi dan energi yang diperlukan juga lebih besar.

Lalu, setelah suhu kamar menjadi dingin mendekati suhu yang diinginkan sesuai dengan yang tertera di remote control, maka perubahan ini memberi kesempatan kepada kompresor untuk menurunkan kekuatannya sehingga arus yang diperlukan pun lebih rendah.

Inilah kenapa AC dengan teknologi inverter menjadi lebih hemat. Bayangkan saja dibanding AC konvensional, AC Inverter lebih hemat sekitar 60%.

AC Panasonic inverter memang harganya cukup mahal, tetapi anggapan ini hanya muncul di awal. Apa alasannya? Jawabannya karena menggunakan AC Panasonic dapat menghemat biaya bayar listrik. Jika menggunakan AC Panasonic inverter, tagihan listrik bulanan akan lebih murah daripada menggunakan AC non inverter.

Kualitas AC Panasonic inverter sudah tidak diragukan lagi karena sensasi dingin yang dihasilkan sangat sejuk. Namun, disarankan instalasi cukup hanya dengan pipa 5m dan jangan lebih dari itu karena bisa mengurangi dinginnya AC Panasonic inverter dan lebih baik dinding kamar terlindungi dari sinar matahari.

Sama seperti manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan, AC Panasonic inverter pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari AC Panasonic inverter.

Inverter itu sifatnya hemat tagihan listrik.Econavi, sensor yang mendeteksi keberadaan manusia atau pusat aktivitas sehingga menghemat listrik. Artinya, ketika di ruangan tidak ada orang, AC Panasonic inverter secara otomatis menurunkan daya listrik.Auto comfort, pendinginan AC Panasonic inverter dipusatkan di tempat aktivitas (keberadaan orang) dan pasti akan dua kali lebih hemat lagi.Envio, negatif ion generator pada AC Panasonic inverter yang sangat efektif membunuh bakteri dan virus meskipun tidak seampuh Plasmacluster dari Sharp. Eco patrol, sebuah sensor pada AC Panasonic inverter yang mendeteksi kualitas udara dan mengatur kerja envoi.Kualitas material AC Panasonic inverter lebih baik daripada AC yang memakai reon R22. Suara indoor dari AC Panasonic inverter yang cukup halus.Performa AC Panasonic inverter dengan R410A akan mengalami penurunan lebih drastis daripada AC konvensional dengan R22 pada suhu udara di atas 45 derajat Celcius.Untuk saat ini, Refrigerant R410A pada AC Panasonic inverter harganya tiga kali lebih mahal dibandingkan R22. Namun, ada sebuah informasi baik, yaitu konvensi internasional menetapkan pada 2020 sudah tidak ditemui lagi produk AC dengan R22 (merusak lapisan ozon atmosfir bumi. Bersamaan dengan hal ini, produk R22 telah dikurangi dan secara tidak langsung harganya pun akan naik tinggi. Sebaliknya, R410A harganya akan semakin terjangkau dan murah karena sudah diproduksi secara besar-besaran. Untuk layanan purna jual AC Panasonic inverter, pihak Panasonic telah banyak membangun authorized service center baru yang terdapat di seluruh kawasan Jakarta dan sekitarnya. Tapi, karena tidak langsung berada di bawah perusahaan Panasonic, mungkin saja teknisi yang melakukan perbaikan kurang profesional dan terkesan asal-asalan. Hal ini berbeda seperti beberapa tahun sebelumnya karena saat itu masih ditangani langsung oleh pihak Panasonic. Jadi waspadalah ketika ada teknisi dari authorized SC yang berkunjung. Disarankan dan lebih baik dikonfrontasikan serta konfiormasikan tindakan yang diambil teknisi tersebut ke pihak Panasonic service center pusat.

Itulah kelebihan dan kekurangan AC Panasonic inverter. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s