Kulkas � Menjaga Bahan Makanan Tahan Lama

logo anne ahiraAsian Brain Support$(“#boxes”).load(“#dialog”); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Kulkas bukan lagi barang mewah bagi sebagian orang yang hidup dalam tingkatan ekonomi menengah ke atas. Hampir sebagian rumah tangga memiliki peralatan berbentuk kotak panjang ini. Kegunaan kulkas menjaga makanan dan minuman agar tetap dingin, segar, dan tahan lama adalah kekuatan utama dari perabot rumah tangga modern ini.

Sebelum kulkas ditemukan, orang menyimpan makanan dalam kotak besar yang berisi bongkahan es. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, cara pengawetan makanan dapat dengan mudah dilakukan. Tinggal masukkan ke dalam kulkas maka bahan makanan yang kita miliki akan awet dan berumur panjang. 

Kulkas penting menyimpan bahan-bahan makanan basah, makanan beku, daging segar, produk telur dan susu, serta mendinginkan makanan dan minuman. Kulkas sangat berguna untuk menjaga kesegaran dan kesehatan makanan sehingga makanan terhindar dari bakteri dan tidak gampang membusuk. Bayangkan jika tak ada kulkas, makanan akan gampang basi dan terpapar bakteri. Kulkas juga mampu menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lama. 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, keberadaan kulkas sudah menjadi kebutuhan penting di setiap rumah tangga. Rancangan kulkas pun semakin canggih dan praktis. Para produsen kulkas berlomba-lomba membuat kulkas canggih dengan harga terjangkau.

Tidak hanya tampilan kulkas yang terlihat modis, bahkan desainnya pun berkelas. Belum lagi kecanggihan dari kulkas itu sendiri. Misalnya ada kulkas yang menawarkan kecanggihan bahwa menjamin aroma makanan dengan daging mentah tidak akan bercampur. Produsen lainnya menawarkan kulkas yang dilengkapi dengan dispenser air dan es batu. 

Bentuk kulkas pun beragam. Mulai dari yang kecil hingga yang besar. Beragam tampilan warna pun kini mulai digunakan. Kulkas tak lagi monoton berwarna abu-abu atau pun silver. Saat ini, banyak produsen kulkas yang menawarkan varian warna yang menarik. Bahkan warna kulkas tak lagi hanya one colour, tampilan kulkas saat ini sudah multi colour.

Ketika Anda memutuskan untuk membeli kulkas, pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sering belanja kebutuhan dapur setiap hari atau dua hari sekali tentunya tidak membutuhkan kulkas dalam kapasitas besar. Tetapi jika Anda berbelanja kebutuhan bahan makanan sekali dalam seminggu, sebaiknya Anda memiliki kulkas dengan daya tampung yang besar. Yang harus diperhatikan tentu saja berapa banyak penghuni rumah, karena hal tersebut akan berimbas pada kebutuhan bahan makanan yang akan disimpan dalam kulkas. 

Saat siang hari yang terik, apa yang ingin Anda dapatkan? Secangkir minuman dingin pelepas dahaga, atau setangkup es krim dingin yang lezat? Atau hanya sekadar air putih dengan tambahan es batu di dalamnya. Minum es di hari yang panas akan terasa nikmat dan segar. Sekarang membuat es teramat mudah. Tinggal memasukkan sekantung plastik air mineral atau air sirup ke dalam kulkas, kita akan mendapatkan es yang kita inginkan. 

Tidak  hanya berfungsi untuk membuat es, kulkas juga kini berfungsi sebagai tempat menyimpan buah-buahan, sayur-sayuran, hingga daging agar tetap segar dan bertahan lama meski disimpan selama berhari-hari. Lalu, tahukah Anda siapa orang yang berjasa menemukan benda bernama kulkas ini?

Sejarah menyebutkan penemu kulkas adalah Jacob Perkins, seorang yang berkebangsaan Amerika Serikat. Sebelum dikenal sebagai ilmuwan dan ahli mesin, Perkins hanya dikenal sebagai seorang pandai emas. Pada usia 21 tahun, pria kelahiran Massachusetts 9 Juli 1766 memulai kariernya sebagai ilmuwan dan ahli mesin. Saat bekerja pada para ahli mesin, Jacob Perkins memanfaatkannya untuk menimba ilmu tentang teknik mesin. Pengalamannya itu menjadi bekal berharga hingga ia bisa menjadi ahli teknis mesin yang diperhitungkan. 

Tahun 1834, Perkins memperkenalkan mesin kulkas temuannya untuk pertama kalinya. Penemuannya itu merupakan kelanjutan dari berbagai hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya. Awalnya, sebelum Perkins menemukan mesin kulkas, memang telah ada beberapa penelitian mengenai cara membekukan air. Hanya saja belum pada realisasinya, hanya sebatas konsep saja. 

Kulkas yang diciptakan oleh Perkins belum menggunakan freon, seperti kulkas yang kita kenal sekarang. Perkins hanya memanfaatkan eter dan siklus tekanan uap air untuk membekukan air. Baru beberapa tahun sejak ditemukannya kulkas oleh Perkins, banyak para ilmuwan yang mengadaptasi dan mengembangkan penemuan kulkas tersebut. Misalnya saja, seorang insinyur bernama Karl Von Linden mengadaptasi teknologi kulkas buatan Perkins. Juga Raoul Picxcet dari Swiss yang membuat mesin pendingin mirip dengan kulkas buatan Perkins, tetapi menggunakan sulfur dioksida sebagai alat pendinginnya. 

Pengembangan teknologi yang dilakukan oleh para ilmuwan terus dilakukan sampai akhirnya kita mengenal kulkas dengan bentuk dan kecanggihan sistem yang sekarang. 

Selain menemukan kulkas, Jacob Perkins juga dikenal sebagai penemu berbagai mesin, di antaranya mesin pemanas air dan pencetak uang logam. Jika tak ada Jacob Perkins, kita mungkin tak akan pernah mengenal peralatan rumah tangga seperti kulkas. Kita pun pasti akan kebingungan bagaimana caranya mengawetkan makanan dengan mudah, bukan?

Hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika memilih kulkas? Di antaranya adalah mengukur ruangan rumah Anda sebagai tempat menyimpan kulkas. Karena ukurannya besar, kulkas tentu saja membutuhkan ruangan yang pas ketika Anda akan meletakkannya di dapur atau di ruang keluarga. Pastikan Anda mempunyai kelebihan ruang agar pintu kulkas mudah dibuka dan tidak menghambat pergerakan ketika Anda melintas. 

Sediakan ventilasi yang baik agar kulkas dapat melepaskan panas yang diproduksi. Panduan pemasangan sistem ini biasanya ada di box kulkas ketika Anda membelinya. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah hindari meletakkan kulkas dekat kompor, oven, atau di tempat yang terkena sinar matahari langsung, karena panas yang dibiaskan akan menaikkan suhu kulkas setiap Anda membuka pintu kulkas. Akibatnya jika itu terjadi, akan menyebabkan makanan yang disimpan di dalam kulkas cepat menjadi rusak. 

Dan yang paling pertama harus diperhatikan adalah kenyamanan Anda dalam memilih dan membeli kulkas sesuai kebutuhan. Apakah Anda membutuhkan kulkas yang memiliki pendingin untuk membekukan es? Ataukah Anda hanya membutuhkan kulkas yang hanya memiliki ruang untuk penyimpan makanan saja tanpa ada freezer di dalamnya.

Jika Anda dan keluarga merupakan pencinta makanan beku, berarti Anda membutuhkan ruang freezer yang lebih banyak. Namun, jika Anda dan keluarga penggemar makanan olahan keju, susu, ataupun cokelat, dan telur, berarti Anda membutuhkan rak-rak khusus untuk produk tersebut berdaya tampung besar. Apa pun pilihan Anda, terpenting bijak ketika memutuskannya. Selamat berburu kulkas!

Agar kulkas di rumah Anda awet dan terawat, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Bersihkan kulkas dengan teratur. Jika kulkas Anda tidak dilengkapi dengan pencair bunga es, sebaiknya tidak membersihan bunga es menggunakan benda tajam. Biarkan bunga es mencair sendiri ketika Anda membersihkannya.
Cabut konektor listrik jika sedang ada pemadaman listrik di rumah Anda.Jangan terlalu sering buka tutup pintu kulkas karena berpengaruh pada proses pendinginan. Sering membuka tutup kulkas bisa saja membuat makanan cepat rusak dan basi terpapar bakteri.Jangan memasukkan makanan yang masih mengandung uap panas ke dalam kulkas karena bisa menyebabkan freon cepat habis. Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s