Geliat Monitor LCD

Penggunaan monitor tabung CRT (Cathode Ray Tube) saat ini sudah digantikan kedudukannya oleh monitor LCD. Bentuknya yang ramping, layarnya yang nyaman bagi mata, dan hemat energi membuat layar LCD semakin diminati oleh masyarakat. Hampir semua barang elektronik hadir dengan layar tipisnya yang elegan, praktis, dan dengan warna-warna yang atraktif.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli monitor LCD, ada baiknya Anda mengenali istilah-istilah yang sering dipakai. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Resolusi

Ukuran pixel, panjang, lebar, dan tinggi layar monitor. Kalau Anda perhatikan dalam layar, yaitu banyaknya titik tampilan. Ukuran pixel layar LCD ada yang sama seperti pixel pada layar CRT dan ada pula ukuran lain yang dinamakan wide screen.   

Inchi atau Viewable Size

Ukuran layar monitor yang diambil secara diagonal, pojok kiri bawah ke pojok kanan atas, misalnya 15”,16”,17”,18,5”,19” dan lain-lain.

Input Port

Tipe koneksi kabel yang digunakan. Layar CRT biasanya memakai kabel port VGA. LCD  terdapat VGA dan DVI port.

Response Time

Waktu minimum untuk mengubah warna pixel dari hitam ke putih lalu kembali ke hitam lagi, istilahnya black to black. Semakin kecil nilai response time, perubahan gambar atau warna akan semakin cepat dan cacat tampilan semakin kecil. Nilai tersebut dinyatakan dalam satuan ms atau mili/detik.

Contrast Ratio

Perbandingan intensitas warna cerah (brightest) dan warna gelap (dark). Semakin tinggi nilai kontrasnya, akan semakin baik. Nilai contrast ratio misalnya 20000:1, 5000:1, atau 700:1.

Refresh Rate

Pada monitor LCD, refresh rate bisa lebih dari 100 Hz, artinya 100 gambar per frame tiap detik.

Aspect Ratio

Perbandingan panjang, lebar, dan tinggi monitor.

Viewing Angle

Besar sudut maksimum di mana Anda masih dapat melihat gambar dengan baik. Misalnya, viewing angle sebesar 120 derajat, maka Anda masih bisa melihat tampilan gambar dengan sangat baik pada sudut kurang atau maksimum 120 derajat. Kalau lebih dari itu maka tampilan akan sulit terlihat bahkan langsung berubah hitam.

Keuntungan Mengunakan Monitor LCD

Hemat tempat, karena desainnya yang ramping bisa menghemat tempat di meja kerja Anda.Hemat energi, listrik yang dipergunakan relatif sedikit sehingga bisa menghemat biaya listrik.Membuat suhu sekitar tidak panas karena listrik yang digunakan juga sedikit.Membuat mata Anda nyaman berlama–lama dan tidak cepat lelah.

Jadi, tunggu apalagi. Segeralah ganti monitor lama Anda dengan monitor LCD!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s