Tips Belanja Elektronik Tepat dan Cermat

logo anne ahiraAsian Brain Support$(“#boxes”).load(“#dialog”); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Seiring berkembangnya teknologi di dunia elektronik, membuat semakin membanjirnya barang-barang elektronik di pasaran. Belanja elektronik menjadi kesenangan masyarakat saat ini. Hal ini disebabkan karena setiap ada teknologi baru pasti juga diikuti dengan banyaknya baranng-barang elektronik dengan teknologi baru tersebut. Misalnya teknologi TV LCD yang membuat seluruh produsen televisi memproduksi televisi dengan teknologi ini.

Tetapi tidak semua produsen tersebut memproduksi produk teknologi baru dengan sempurna. Adakalanya ditemukan produk cacat. Atau jika ada barang elektronik yang berhasil terjual dalam jumlah banyak, biasanya akan ada produk tiruan dari produk yang sedang laku keras di pasaran.  Karena itu pemilihan barang yang tepat saat belanja elektronik harus dilakukan dengan cermat.


Belanja Elektronik di Dealer Resmi

Agar kita mendapatkan barang yang bagus, usahakan belanja elektronik di dealer resmi produsen. Hal ini akan memperkecil kemungkinan kita membeli barang tiruan. Dealer resmi pasti menyertakan garansi resmi dan jaminan kualitas dari barang yang dijualnya.

Jika kita tidak dapat menemukan dealer resmi dari produk elektronik yang kita inginkan, kita bisa belanja elektronik di tempat yang memang sudah terkenal dengan kualitas produknya misalnya saja di swalayan besar yang melakukan kerja sama dengan produsen-produsen elektronik.

Tetapi jika kita ingin membeli di toko-toko elektronik biasa, pastikan untuk mendapatkan garansi resmi dari produk yang kita beli. Karena toko-toko elektronik yang banyak terdapat di pinggir jalan ataupun di pasar-pasar tradisional memberikan peluang lebih besar untuk masuknya produk-produk elektronik tiruan tersebut.


Belanja Elektronik Dengan Cermat

Sebelum membeli sebuah barang elektronik, periksalah terlebih dahulu kondisi barang elektronik tersebut. Pemeriksaan  bisa dilakukan pada kondisi fisik barang ataupun pada kualitas barang tersebut.

Pemeriksaan kondisi fisik bisa meliputi kelengkapan-kelengkapan dari barang elektronik yang ingin kita beli misalnya saja kabel dan komponen-komponen lainnya. Selain itu pastikan tidak ada cacat pada fisik barang elektronik misalnya saja retak ataupun patah.

Pemeriksaan ini perlu dilakukan karena jika cacat yang terdapat pada barang elektronik yang ingin kita beli baru kita sadari ketika sudah berada di rumah, maka kemungkinan besar kita tidak akan mendapat ganti rugi dari pihak penjual. 

Pemeriksaan kualitas dari barang elektronik, misalnya kualitas gambar televisi atau kualitas suara tape recorder. Pastikan juga semua tombol ataupun bagian input output berfungsi dengan sempurna.

Selain memeriksa kondisi fisik dan kualitas barang elektronik, pastikan untuk meminta barang elektronik yang masih dibungkus. Karena jika kita membeli barang pajangan, kemungkinan terjadi kerusakan akan lebih besar karena barang pajangan adalah contoh yang bisa dicoba oleh calon pembeli.


Belanja Elektronik Sesuai Kebutuhan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ketika belanja elektronik adalah belilah barang-barang elektronik sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja dalam membeli AC, belilah AC yang memang sesuai dengan rumah kita.

Jangan memilih AC dengan daya yang besar karena selain boros energi, hal itu malah dapat membuat kita tidak nyaman. Bisa jadi kita sering sakit karena udara yang begitu dingin karena daya AC yang terlalu besar.

Atau jika kita ingin membeli mesin cuci untuk keluarga dengan jumlah anggota lebih dari 10 orang, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas besar. Karena jika kita membeli mesin cuci dengan kapasitas kecil, tentu akan membuat repot ketika akan mencuci baju. Bisa jadi waktu kita habis hanya untuk mencuci baju saja karena kita harus berkali-kali memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci.

Belanja elektronik yang tepat tentu akan membuat semua berjalan sesuai keinginan kita.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s