Belanja Audio Yang Efektif

Belanja Audio bagi sebagian orang terlihat sebagai sebuah kegiatan yang boros. Namun lain halnya bagi mereka yang memandang penting arti kualitas suara dari perangkat elektronik yang mereka miliki. Berapa pun nilai uang yang dikeluarkan, akan terlihat kecil terutama jika memperoleh kualitas suara yang diidam-idamkan.

Penggemar audio biasa memajang koleksi mereka di tempat yang strategis. Dalam arti, banyak orang yang akan turut menikmati kenikmatan mendengar alunan suara dari audio yang berkualitas. Seperti misalnya di mobil, ruang tamu atau juga di ruang kerja mereka.

Namun tak semua orang mampu memadu padankan berbagai komponen audio. Kemampuan untuk belanja audio dengan dukungan dana, bukan merupakan sebuah jaminan akan menghasilkan racikan suara yang indah dan merdu didengar. Bahkan, pada beberapa kasus yang terjadi, perangkat audio yang dipasang di mobil atau rumah hanya sekadar menghasilkan efek bising.

Sedangkan kejernihan suara yang menjadi salah satu tolok ukur kualitas sebuah perangkat audio, sama sekali tidak mampu terdengar. Jika ini terjadi, maka uang yang dikucurkan untuk membeli perangkat audio menjadi sia-sia dan percuma.


Tips Memasang Audio

Untuk itu, sebelum merakit perangkat audio, kita harus mempertimbangkan beberapa hal. Tujuannya agar kualitas suara yang dihasilkankan mampu memenuhi selera bermusik kita. Dan yang paling utama adalah agar dana yang sudah dikeluarkan, bisa mendapatkan hasil yang setimpal pula. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam merakit sebuah perangkat audio adalah :

Pertimbangkan luas. Perangkat audio untuk dipasang di mobil dan di rumah, tentu memiliki perbedaan karakter. Sangat disayangkan jika spesifikasi audio untuk rumah, harus dibenamkan di dalam mobil. Karena hal ini tidak akan efektif dari sisi tenaga maupun pengoptimalan suara. Kenali karakter audio dari masing-masing merk. Sebab, setiap merk audio memiliki jenis karakter yang berbeda-beda. Jangan memilih perangkat audio dari satu merk yang sama. Lebih baik, kawinkan beberapa merk untuk bisa saling melengkapi dan menutupi kekurangan yang ada pada masing-masing merk. Pertimbangkan kapasitas catu daya yang ada. Jangan sampai ketika kita sedang asyik menikmati alunan musik, harus mendapati kenyataan sumber tenaga tidak memiliki cukup daya. Dampak jangka panjang, perangkat audio bisa mengalami kerusakan karena sering mati mendadak sebagai akibat keterbatasan catu daya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s