Alasan Konsumen Menjual Laptop Murah

Pada era digital sekarang ini, keberadaan laptop maupun notebook bukan lagi merupakan sesuatu yang mahal atau bergengsi. Komputer jinjing itu kini telah menjadi kebutuhan, terutama bagi pengguna yang tingkat mobilitasnya tinggi. Namun tak jarang laptop yang belum lama dibeli atau digunakan, sudah rusak atau sering bermasalah. Sehingga kita pun ingin jual laptop murah, atau yang penting laku.

Sebagai sebuah perangkat teknologi, laptop bukanlah produk yang sempurna. Apalagi kini produsen maupun jenis laptop yang dijual di pasaran juga begitu banyak. Dari yang harganya puluhan juta rupiah hingga yang dibawah lima jutaan. Belum lagi munculnya notebook, netbook, hingga komputer kapsul yang makin canggih namun ringkas untuk digunakan dan dibawa untuk berbagai keperluan.


Harga Jatuh

Seperti halnya produk digital lainnya, harga jual laptop murah pun menjadi keniscayaan. Apalagi untuk laptop yang sudah pernah digunakan atau dalam kondisi second alias bekas. Bahkan meskipun laptop baru digunakan beberapa hari, dan masih ada garansi dari pabrik, namun harganya akan jauh dari harga barunya. Konsumen pun tentunya akan lebih memilih membeli laptop baru kalau harga laptop bekas masih terlalu tinggi.

Selain itu, perkembangan teknologi laptop pun demikian pesat. Dalam setiap bulan selalu muncul tipe dan jenis laptop baru. Begitu juga harga laptop baru akan cepat turun seiring dengan munculnya teknologi baru. Karena itu tak heran bila harga laptop bekas biasanya tak lebih dari separo dari harga barunya. Apalagi bila laptop itu sudah digunakan lebih dari setahun atau ketika masa garansinya telah habis. 


Alasan Menjual

Kerusakan ataupun ketidakmampuan laptop yang sering terjadi setelah dibeli dan digunakan memang cukup beragam. Masalah atau problem ini bisa berasal dari pabriknya yang kurang berkualitas dalam membuat perangkat komputer jinjing tersebut. Beberapa masalah yang sering muncul diantaranya menyangkut batere yang tidak tahan lama dan cepat panas, ataupun  adanya perubahan warna pada monitornya.

Masalah penggunaan oleh konsumen tentunya juga sangat berpengaruh terhadap daya tahan dan keawetan produk teknologi yang digunakannya. Tak sedikit pengguna laptop yang tidak memperhatikan, atau memang tidak mengetahui, agar batere laptop tahan lama. Seperti pemakaian laptop yang diperlakukan layaknya desktop dengan menyalakannya selama seharian. Hal ini tentu saja akan cepat membuat batere laptop cepat rusak.

Selain itu, pengguna yang ingin menjual laptopnya biasanya juga didorong keinginan untuk menambah kapasitas laptopnya, seperti hardisk atau memorinya. Masalah di atas memang cukup banyak yang melatarbelakangi konsumen untuk menjual kembali laptopnya.

Apalagi ketika pekerjaan kantor demikian mendesak sehingga memerlukan perangkat yang lebih bagus dengan kemampuan yang lebih sempurna. Karena itu konsumen pun rela jual laptop murah atau asal laku, agar segera mendapatkan gantinya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s