Glodok: Sentra Barang Elektronik Terlengkap dan Termurah

Kebutuhan akan barang elektronik, terutama komputer, sudah menjadi sebuah kewajaran. Kini, segala sesuatu telah digerakkan oleh sistem kerja komputer. Tingginya kebutuhan komputer membuat daya beli barang elektronik satu ini meningkat. Sayangnya, tidak semua orang pandai memilih komputer. Salah satu tempat yang menyediakan barang elektronik, termasuk komputer, adalah Glodok.

Glodok merupakan salah satu bagian dari kota lama Jakarta. Sejak era pemerintahan Hindia Belanda, daerah ini dikenal sebagai Pecinan terbesar di Indonesia karena kebanyakan pedagangnya merupakan masyarakat keturunan Tionghoa. Kini, Glodok lebih dikenal sebagai salah satu pusat penjualan barang elektronik di Jakarta. Secara administratif, Glodok termasuk dalam wilayah Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Sebenarnya, kata glodok berasal dari bahasa Sunda, yaitu golodog, yang berarti pintu masuk rumah. Saat itu, Sunda Kalapa (Jakarta) merupakan pintu masuk Kerajaan Sunda sehingga disebut golodog. Sebelum dikuasai Belanda yang membawa para pekerja dari beberapa daerah dan menjadi Betawi atau Batavia, Sunda Kelapa dihuni oleh orang Sunda.

Perubahan bunyi “g” menjadi “k” di belakang sering ditemukan pada kata-kata bahasa Sunda yang dieja oleh orang-orang di luar Sunda, terutama suku Jawa dan Melayu yang kini banyak menghuni Jakarta. Hingga kini, di Jakarta masih banyak ditemui beberapa nama daerah yang berasal dari bahasa Sunda meskipun menggunakan ejaan yang agak berubah.

Selain dari golodog, nama glodok berasal dari suara air pancuran dari sebuah gedung kecil berbentuk persegi delapan yang ada di tengah-tengah halaman gedung Balai Kota (Stadhuis), yaitu pusat pemerintahan Kumpeni Belanda di Kota Batavia.

Glodok merupakan salah satu tempat tujuan utama bagi masyarakat yang hendak berburu alat elektronik, termasuk komputer dan perlengkapannya. Hal itu semata-mata disebabkan kawasan yang terdapat di bilangan Jakarta Utara ini sudah sangat terkenal sebagai sentra penjualan barang elektronik yang harga jualnya lebih rendah dibanding kota lain.

Oleh sebab itu, tidak heran jika Glodok seolah telah menjadi brand image bagi masyarakat jika mereka ditanya tentang tempat belanja barang elektronik murah di Jakarta. Glodok didirikan sebagai sentra belanja berbagai produk elekronik yang dikemas secara modern, tetapi masih menggunakan konsep pasar tradisional.

Di Glodok, pencari barang elektronik diberi kebebasan untuk memilih barang sesuai keinginan. Pembeli pun bisa bernegosiasi atau melakukan tawar-menawar layaknya berbelanja di pasar tradisional. Meskipun mengusung tema tradisional, pembeli tidak perlu mengkhawatirkan kesan kumuh yang telah melekat pada pasar-pasar tradisional.

Sebagai pasar yang berkonsep modern, Glodok telah menyediakan sebuah ruangan besar yang nyaman dan bersih serta dilengkapi atap sehingga pembeli tidak takut kehujanan. Setiap penjual diberi ruangan yang saling berdampingan serta dikelompokkan berdasarkan jenis barang yang dijual. Dengan demikian, pembeli diberikan kemudahan untuk menuju lokasi barang elektronik yang mereka cari.

Salah satu alasan masyarakat memilih Glodok sebagai tempat belanja barang elektronik adalah kelengkapannya. Namun, masih ada hal lain yang menjadi daya tarik Glodok. Yaitu, kawasan ini sudah berkembang menjadi salah satu pusat bisnis terbesar di Kota Jakarta. Oleh sebab itu, banyak sarana transportasi untuk menjangkau kawasan satu ini.

Itulah deskripsi singkat mengenai Glodok sebagai pusat penjualan berbagai barang elektronik terbesar di Jakarta. Selamat berbelanja dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s