Ipod, Pemutar Musik Portabel Masa Kini

Anda tentu tahu apa itu iPod, bukan? Itu,lho, pemutar musik besutan Apple. Jika kita perhatikan di tempat-tempat umum, tak sadar orang sedang manggut-manggut atau komat-kamit dengan irama yang teratur. Jangan salah sangka dulu, ia bukan sedang komat-kamit membaca mantra untuk membius orang lain di sekitarnya.

Kalau bukan sedang menelepon menggunakan handsfree, ia sedang mendengarkan musik dari pemutar musik portabel, bisa mp3, mp4, atau bisa juga iPod. Masa kini, pemutar musik portabel bentuknya sangat kecil, cukup untuk dimasukkan ke dalam kantong baju atau dijepitkan di kerah baju.

Dulu kita mengenal pemutar musik portabel bernama walkman, sekarang pemutar musik portabel sejenis dinamakan pemutar musik digital portabel, seperti mp3-player, mp4 player, dan iPod. Dari segi ukuran, pemutar musik zaman dulu dengan zaman sekarang jelas memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Seperti kita ketahui, salah satu kegunaan walkman adalah sebagai pemutar kaset, sehingga ukurannya pun minimal disesuaikan dengan ukuran kaset standar yang digunakan sebagai perekam musik (analog). Sekarang, teknologi perekaman tidak lagi menggunakan kaset, tapi digunakan data-data digital yang disimpan dalam sebuah micro-chip bernama memory card yang terpasang pada iPod dan pemutar musik portable lainnya.

Dengan teknologi yang semakin mutakhir tersebut, akhirnya kita mendapati pemutar-pemutar musik portabel, semacam iPod yang berukuran kecil dan tipis. Katakanlah paling besar kita akan menemukan jenis pemutar musik portabel ini berukuran 11 cm x 6 cm x 0,7 cm.

Beragam pemutar musik portable dikeluarkan oleh berbagai merk raksasa elektronik, katakanlah Sony. Selain itu banyak pula produk rakitan yang kadang merupakan produk tiruan. Perusahaan raksasa komputer Apple, juga tidak ketinggalan mengeluarkan produk pemutar musik portabel sejenis mp3-player.

Produk keluaran Apple ini dinamakan dengan iPod. Dari bentuk dan warnanya, kita dapat membedakan iPod dengan mp3-player yang dikeluarkan oleh perusahaan elektronik terkemuka lainnya. Desain iPod sangat istimewa, seperti halnya yang dimiliki produk Apple lainnya.

Ada banyak pilihan bentuk dan warna iPod yang disediakan Apple untuk dimiliki konsumennya. Apple benar-benar memanjakan konsumennya dengan pemutar musik portable yang dikeluarkannya kali ini. Apakah Anda tertarik untuk memiliki ipod? Sebelum menentukan jenis iPod yang akan dimiliki, ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu jenis-jenis iPod berikut ini.

Seperti yang sudah penulis utarakan sebelumnya, iPod memiliki beragam jenis, dapat dilihat jelas dari ukuran setiap jenisnya, mulai dari ukuran paling kecil seukuran penjepit dasi hingga berukuran 11 cm x 6 cm x 0,7 cm. Setiap jenis iPod mempunyai ciri khas kegunaan (feature) masing-masing. Selain tentunya pemutar musik portabel sebagai feature utama.

Berikut ini adalah jenis-jenis iPod yang Apple sediakan untuk dinikmati, bahkan dimiliki oleh konsumen setianya.

Ipod Klasik

Produk iPod Klasik memiliki dua warna pilihan, yaitu warna silver dan abu-abu. iPod Klasik ini memiliki keunggulan terutama dalam segi kapasitas penyimpanan data. Ya, kapasitas penampung data iPod Klasik sebesar 160 GB dan dilengkapi baterai lithium yang dapat diisi ulang. Lama pengisian baterai adalah 4 jam, dan dapat bertahan untuk 36 jam pemutaran audio atau 6 jam pemutaran video.

Dengan kapasitas penampung data sebesar itu, setidaknya Pemilik iPod klasik bisa memasukan sekitar 40.000 lagu dalam track list. Sangat banyak, bukan? Nah, jika berbicara mengenai tampilannya, di bagian depan iPod Klasik terdapat layar LCD dengan lebar diagonal 2,5 inci dan tombol-tombol pemutar operasional. Ukuran iPod Klasik berkisar 10,35 cm x 6,18 cm x 1,05 cm.

Dari segi fungsi dan kegunaannya, iPod Klasik dapat digunakan sebagai:

pemutar musik,pemutar video, penyimpan data berbentuk foto; dan penyimpan data lainnya dengan menggunakan kabel USB hard-drive yang disertakan dalam setiap paketnya.

Ipod touch tidak jauh berbeda dengan iPod klasik dari segi ukuran dan kegunaan. Hanya saja yang membedakan kedua jenis iPod ini, pada iPod Touch digunakan layar sentuh untuk pengoperasiannya. Ukuran iPod Touch generasi terbaru berkisar 11,1 cm x 5,89 cm x 0,72 cm.

Dilengkapi layar sentuh berukuran diagonal 3,5 inci dan beragam kapasitas penyimpan data, yaitu 8 GB, 32 GB, atau 64 GB. Selain itu, iPod Touch dilengkapi juga dengan fasilitas radio FM, bluetooth, dan WiFi.

Keunggulan lainnya, pada iPod Touch generasi terbaru terdapat sensor pengenal retina dan wajah pemiliknya dan fasilitas bermain game yang lebih baik. Ipod Touch hanya mimiliki satu variasi warna, bagian layar dibingkai warna hitam, sedangkan bagian belakangnya berwarna silver.

Ipod Nano memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan iPod klasik ataupun iPod Touch. Jenis iPod Nano generasi terbaru memiliki variasi warna kromatis yang terdiri atas kuning, biru, merah, merah muda, hijau, abu-abu, dan silver.

Produk iPod Nano yang dilempar ke pasaran sudah mencapai enam generasi. Jenis iPod Nano generasi keenam memiliki ukuran setengahnya dari iPod Nano generasi-generasi sebelumnya. Feature yang ditampilkannya pun lebih sederhana.

Hanya saja, pada iPod Nano generasi keenam ini terdapat fasilitas layar sentuh yang berukuran diagonal 1,54 inci dan bagian belakangnya terdapat klip penjepit clip-on. Ukurannya hanya sekitar 3,75 cm x 4,9 cm x 0,878 cm, serta terdapat dua pilihan kapasitas penyimpan data, yaitu 8 GB dan 16 GB.  

Ipod Shuffle yang berada di pasaran sudah mencapai generasi keempat. Ipod Shuffle merupakan jenis iPod yang berukuran paling kecil dengan fasilitas paling sederhana. Pada ipod Shuffle tidak terdapat layar, pengisian baterai dilakukan menggunakan kabel USB hard-drive pada PC atau laptop.

Pada generasi terbaru, ukurannya lebih besar daripada generasi sebelumnya, yaitu 2,9 cm x 3,16 cm x 0,87 cm. Selain itu, hanya tersedia dengan kapasitas penyimpanan data sebesar 2 GB. Yang menarik dari iPod Shuffle ini adalah desain yang menarik dengan suguhan variasi warna, seperti pink, orange, hijau, biru, dan silver.

Bagi Anda yang hanya membutuhkan alat pemutar musik tanpa kebutuhan lain, sepertinya iPod shuffle adalah pilihan terbaik. Selain bisa mendngarkan musik, tampil dengan iPod Shuffle ini bisa menaikan tingkat kepercayaan diri Anda. Dari sisi harga, iPod shuffle pun masih tergolong bersahabat dengan kantong.

Kisaran Harga Ipod

Sesuai dengan spesifikasinya, iPod Klasik dan iPod Touch memiliki kisaran harga paling tinggi, yaitu mulai dari $229. Sedangkan ipod nano dipatok dengan kisaran harga mulai dari $149 dan iPod shuffle dipatok dengan harga $49.

Meskipun begitu, tak jarang pula ada yang menawarkan barang bekas dari iPod dengan harga yang jauh di bawah harga asli. Namun, sebelum membeli barang bekas, sebaiknya dipertimbangkan dulu secara matang mengenai kemungkinan-kemungkinan terburuk dari barang yang hendak kita beli.

Tentunya Anda dapat mengira-ngira harga di pasaran Indonesia setelah dikonversikan kepada kurs mata uang yang berlaku saat ini. Setelah Anda tahu kisaran harga yang di Indonesia, langkah selanjutnya sebelum memutuskan membeli, sebaiknya kondisikan juga dengan kebutuhan dan kebermanfaatan iPod tersebut bagi Anda. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s