Tips Membeli Laptop Baru yang Aman

Laptop bukanlah sebuah barang yang eksklusif pada zaman ini. Di masa informasi teknologi seperti sekarang ini kebutuhan akan perangkat yang mudah di bawa kemana-mana sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, dari mulai pelajar, pekerja, bahkan ibu rumah tangga sekalipun.

Meskipun tidak eksklusif, tapi tetap saja barang ini tidak bisa mudah didapatkan begitu saja. Apalagi yang kualitasnya memuaskan. Jika akan membeli laptop, Anda harus lebih rajin membanding-bandingkan karena sudah banyak pilihan dari mulai merek A sampai Z.

Jika masih bingung, ada beberapa tips membeli laptop baru yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

1.   Pikirkan dulu kegunaannya.

Tentukan kegunaannya atau yang sesuai dengan kegiatan Anda sehari-hari. Banyak sekali laptop yang bisa Anda pilih apakah untuk desain, untuk bermain games, atau hanya sekadar mengerjakan tugas kantor.

Untuk para pecandu games dan desainer, bisa memilih laptop yang ukuran VGA-nya mumpuni. Jangan lupa memori yang dipakai juga harus yang tahan lama dan berkapasitas besar. Teknologi dual core sebenarnya sudah cukup bagi, tetapi jika ingin lebih dinamis dan puas, gunakan teknologi multi core.

Sementara untuk Anda yang seharian bekerja di kantor bisa memilih laptop dengan fitur yang lengkap, misalkan dilengkapi dengan Bluetooth, wi-fi, dan lain-lain. Jangan lupa perhatikan baterai. Pilihlah baterai yang lebih tahan lama.

2.   Sesuaikan dengan kondisi keuangan.

Kadang keinginan sangat besar, tapi uang yang ada tidaklah sebanyak harga laptop yang Anda pilih. Untuk menyiasati persoalan ini, Anda bisa memilih produk yang bukan nomor wahid, tapi bisa saja yang satu level di bawahnya. Meskipun begitu tidak menjadi masalah karena kadang merek juga menjadi ukuran mahalnya harga.

Solusi lain yang bisa ditawarkan adalah datang ke pameran elektronik. Biasanya, ada beberapa perusahaan yang melakukan promo atau diskon pada saat pameran berlangsung. Harganya lumayan berbeda dengan harga pasaran. Potongannya antara 100 ribu hingga 1 juta rupiah, bahkan bisa lebih. 

3.   Cek garansi.

Bila Anda membeli laptop dengan merek yang sudah dikenal dan banyak beredar di pasaran, Anda tidak usah ragu lagi karena garansi yang ditawarkan biasanya sudah memenuhi syarat.

Bila Anda ingin membeli produk lokal, usahakan garansinya yang lebih panjang untuk menghindari kerusakan yang ditimbulkan. Jangan lupa pula pertimbangkan suku cadang dan lokasi servis senternya. Alangkah lebih baik jika lokasinya ada di kota Anda. 

4.   Pertimbangkan harga jualnya.

Kenapa harus melihat harga jual, membeli saja belum? Hal ini cukup penting karena bisa saja setelah membeli, Anda mulai tidak suka dengan spek yang dimiliki laptop tersebut, atau bisa juga karena bosan. Nah, jika memang terjadi demikian, saat membeli laptop baru, Anda tidak perlu mengelurkan uang berlebih karena laptop bisa Anda jual atau ditukar tambah dengan yang baru.

5.   Gunakan software yang asli.

Di Indonesia, umumnya software yang digunakan adalah software bajakan. Ini sangat berpengaruh terhadap keadaan laptop Anda. Selain itu, penggunaan software bajakan pun melanggar hukum. Jika mampu, belilah software yang asli agar aman dan nyaman saat digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s