Merawat LCD Monitor

logo anne ahiraAsian Brain Support$(“#boxes”).load(“#dialog”); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Monitor merupakan salah satu komponen vital dalam piranti komputer. Vital, karena keberadaannya yang tidak mungkin untuk digantikan dengan perangkat lain. Jika di awal kemunculannya, monitor computer terbuat dari tabung yang besar, kini cukup dengan menggunakan LCD monitor saja.

Ada yang unik dari penggunaan monitor jenis ini yang membuat kita harus teliti dalam menangani LCD monitor ini. Mengingat, layar yang terbuat dari LCD berbeda dengan bahan yang melekat pada layer monitor dari tabung. Layar LCD jelas memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi daripada layar tabung.

Selain karena tingkat sensitivitasnya, kehati-hatian dalam merawat LCD monitor ini dikarenakan harganya yang nyaris setara dengan setengah dari harga sebuah komputer. Sehingga jika terjadi sesuatu pada LCD monitor kita, tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Merawat LCD Monitor

Makin sering digunakan, LCD monitor akan makin sering terkena debu. Apalagi jika kita sering menggunakan laptop di udara terbuka, peluang itu makin besar. Untuk itu ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk merawat LCD monitor kita. Di antaranya :

Saat pertama kali digunakan, ada baiknya diberikan lapisan pelindung monitor yang banyak dijual di toko komputer. Hal ini guna mencegah debu dan kemungkinan monitor terkena benda asing yang bisa menyebabkan goresan.Jika monitor terlanjur berdebu, bersihkan dengan cairan pembersih yang bisa dibeli di toko komputer. Semprotkan cairan tersebut pada kain yang lembut dan usapkan searah dari atas ke bawah. Jangan menggosok dengan kasar atau dengan arah yang tidak beraturan.Jika tidak digunakan, tutup LCD monitor. Sebelum ditutup, pastikan tidak ada sebuah benda yang berada antara media untuk menutup dan monitor. Karena, hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya goresan yang bisa berdampak monitor menjadi cacat.Jangan menyentuh layar monitor menggunakan jari apalagi benda yang bersifat tajam. Sentuhan menggunakan jari biasanya meninggalkan bekas yang akan mengganggu tampilan layar. Sedangkan benda tajam dikhawatirkan akan menyebabkan LCD menjadi cacat atau berlubang. Hindarkan benda-benda tajam seperti pisau atau juga pensil yang berujung tajam.  Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s